Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 25 Juli 2017

Ingin jadi pengusaha sukses? baca yuk Review buku Marketing Hebat Ala Rosulullah SAW




Picture taken by me


Sebenarnya ini baru pertama kali aku mengulas buku non Novel. Hehehehe, tapi emang aku jatuh cinta syekali dengan buku karyanya mbak Faidatur Robiah yang berjudul Marketing Hebat Ala Rosulullah SAW. Saat pertama kali masuk ke toko buku lalu berkeliling sebentar, buku ini yang mencongkel perhatianku. Dengan sampul berwarna biru beserta judul yang menarik, langsung deeeeh kubeli tanpa berpikir dua kali. Pasalnya sudah banyaaak sekali tips-tips yang kubaca diinternet tentunya mengandalkan mbah google; tentang  how to build a business. bagaimana menjadi entrepreneur yang baik. Nyatanya aku masih haus dan penasaran untuk menggali lebih dalam lagi, buku ini hampir menuntaskan rasa penasaranku—walau tidak seluruhnya—karena aku masiiiiiiiih harus banyak belajar, bukan dari buku semata, melainkan dari pengalaman yang sebelum-belumnya itu. 


Biasanya perkarya berbisnis itu kaitannya hanya soal duniawi saja, dan biasanya lagi seseorang—atau perusahaan dalam membangun sebuah bisnis tujuannya hanya untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Terkadang, mereka berlomba-lomba mendapatkan  rupiah untuk masuk ke dalam kas lancarnya dengan cara yang dapat merugikan orang lain. Nah, dalam buku ini, penulis mengulas lebih mendalam tentang kecemerlangan Rosulullah SAW dalam berniaga. Sudah tidak diragukan lagi bahwa Rosulullah SAW  sangat unggul dalam bidang entrepreneurship. Perjalanan dagang Muhammad SAW telah dimulai saat beliau masih tergolong belia, yaitu berumur 12 tahun bersama pamannya melakukan perjalnan dagang ke Syria. Dalam melaksanakan bisnisnya Muhammad SAW memperkaya diri dengan kejujuran, memegang teguh janji,dan sifat-sifat mulia lainnya. Dari situlah penduduk mekkah mengenal Muhammad sebagai Al-Amin; seorang yang dapat dipercaya.

Gelar Al-Amin itu begitu melekat dalam diri Muhamamad Saw hingga Khadijah saudagar kaya di kota Mekkah menjalin kerjasama dengan beliau. Khadijah begitu kagum dengan akhlak mulia beliau—sampai pada akhirnya beliau menikah dengan Khadijah dan terus mengelola perdagangannya status beliau naik menjadi business owner. Ketika usia beliau menginjak pertengahan 30’an beliau menjadi seorang investor dan mulai memiliki banyak waktu untuk memikirkan kondisi masyarakat. Pada saat ini mencapai apa yang di istilahkan oleh Robert Kiyosaky sebagai KEBEBASAN UANG DAN WAKTU. (hal 11) 


Perjalanan bisnis beliau memang sungguh mengaggumkan, terhitung sejak usia kanak-kanak ikut berdagang bersama pamannya, kemudian menjalankan sendiri dagangannya dengan menerapkan akhlak-akhlak mulia sehingga banyak orang yang mempercayai kemampuannya. Muhammad SAW menerapkan strategi marketing yang hebat—istilah sekarang mungkin lebih fenomenal dengan strategi langit. Beliau mengajarkan beberapa hal—yang terlihat mudah sekali diucapkan terutama di era zaman sekarang—banyak gigembor-gembor—tapi sulit untuk dijalankan karena godaannya pun tidak bisa dibilang mudah.
Tentang Pribadi pembisnis.
  •    Jujur
Jelas ya, jujur di zaman sekarang itu kayanya mahal sekali. Orang-orang lebih senang menggadaikan kebenaran demi sebuah keuntungan belaka. Promosi menawarkan barang dan jasa akan terasa berkah jika dibarengi dengan kejujuran, dengan begitu ketenangan hati akan menghampirimu karena tidak ada dusta diantara kita.
  •   Senantiasa Amanah
Tunaikanlah amanah kepada orang yang engkau dipercaya (untuk menunaikan amanah kepadanya) dan jangan khianati orang yang telah mengkhianatimu. (HR Turmudzi no 1185). Biasanya, orang yang susah menunaikan amanah enggak akan dipercaya lagi apalagi yang kebanyakan drama. Rasanya untuk sekedar mendengarkannya saja kita udah ogah-ogahan, kan?

  • Tidak menimbun barang, menimbun kerugian
Kegiatan menimbun di sini jangan disalah kaprahkan ya. Menurut An-Nawawi asy Syafi’i penimbunan yang haram adalah memborong bahan makanna atau yang lain saat harga barang tersebut mahal dan tujuan pembelian dalam jumlah besar tersebut untuk dijual kembali, namun ternyata orang tersebut menyimpannya supaya harganya menjadi semakin mahal.
  •   Sikap Sederhana
Salah satu kunci lagi yang diterapkan Muhammad SAW adalah sikap sederhana. Yap, ini yang membuat aku menjadi tambah terkagum-kagum. Harta yang berlimpah beliau zakatkan, shadaqah, dan untuk keperluan perang di masa itu. beliau juga senantiasa menyebarkan ilmu-ilmu bisnis yang tidak menyimpang dari ajaran agama islam.
Jadi inget kisah Warren Buffet—tahulah ya dia siapa orang terkaya di dunia seorang investor, pengusaha.  Buffet tetap hidup di rumah sederhana dan hobi makan di kantin yang biasa-biasa saja.  Buffet tak menghaburkan uang dan berfoya-foya ia justru lebih memilih tinggal di rumahnya yang sederhana. 

  •  Menepati Janji
Jangan berjanji kalau tidak bisa menepati, sebab resiko dari kamu yang tidak bisa menepati janji adalah hilangnya kepercayaan. Ini beneran lho! Kalaupun ada sesuatu halangan atau ketidakmampuan saat kamu sudah terlanjur janji dikarenakan ada kejadian yang insidental, kamu bisa kok komunikasi dengan mula-mula meminta maaf dan menjelaskan duduk perkaranya mengapa kamu membatalkan janji atau belum bisa menepati janji tersebut. Asalkan tidak ada niat yang buruk diluar itu. Namanya juga manusia kita pasti punya kekurangan, kan? Asalkan jangan merugikan orang lain saja.


Selain pribadi pembisnis yang dijelaskan diatas, ada bumbu rahasia lagi yang diajarkan Muhammad SAW. Banyak sekali aspek yang bisa kita dalami dari perjalanan kisah kesuksesan Muhammad dalam berdagang. Misalnya, dari aspek produk yang berkualitas termasuk di dalamnya tidak menjual barang haram. Dari sisi bagaimana menghadapi pesaing, bagaimana memelihara karyawan. Kalau dalam mata kuliah yang aku lupa lagi matkul apa ehehhee. Ada salah satu kalimat yang dosenku pernah bilang dan itu sangat membekas sekali. Kalau dahulu prinsipnya tentang karyawan adalah sebagai alat/mesin yang bisa menghasilkan keuntungan. Sekarang argumentasi tersebut harus dihilangkan karena di era sekarang karyawan bukan lagi sebuah mesin yang harus dipaksa bekerja 24 jam, ditekan sedemikan rupa sampai mesin tersebut rusak. Itu fatal sekali! Karyawan seharusnya dijadikan sebuah asset yang harus kita pelihara, harus kita kembangkan karena pada dasarnya pembisnis dan karyawan bekerja untuk saling menguntungkan. Jadi tidak ada tuh istilahnya karyawan dijadikan budak, yang ada harus diberi pelatihan untuk kompetensinya semakin baik. 


Selain itu, dibuku ini—walau menurutku kurang lengkap atau emang aku yang belum memahami secara mendalam hehee. Penulis menjelaskan tentang bagaimana cara atau sikap Muhammad SAW dalam menghadapi pelanggan. Kalian tahu kan, di dunia ini bahkan seorang yang kembar pun punya karakteristik sifat yang berbeda-beda. Nah, Muhammad SAW bisa menempatkan cara menyikapi setiap karakter tersebut yang pada akhirnya berujung pada closing, saling menguntungkan dan pelanggan merasa puas atas pelayanan Muhammad SAW. 


Kalau kalian baca buku ini, ada ramuan-ramuan yang tentunya bisa dipraktekan secara sederhana oleh kita lengkap dengan contoh-contohnya.  Muhammad SAW telah mempraktekkan strategi marketing dalam konsep 7P (ini pernah juga aku pelajari di matkul manajemen pemasaran dan manajemen pemasaran jasa)  konsep 7P itu adalah; Product, Place, Price, Promotion, Process, Physical Environment, People.
Buku ini aku rekomendasikan bagi teman-teman yang mau memulai atau belajar menjadi seorang entrepreneur.Insya Allah bermanfaat. Sekian dulu reviewnya yaa. Mudah-mudahan ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan sederhana aku ini. Belajar menyampaikan kebaikan.Mudah-mudahan bisa jadi pahala ^^

Judul Buku : Markting Hebat Ala Rosulullah SAW
Penulis : Faidatur Robiah
Penerbit : Tinta Medina
Halaman : 189 hal
ISBN  : 978-602-0894-55-3

Bandung, 2017
tyataya

4 komentar :

  1. Subhanallah kalau Rosulullah memang tidak diragukan kehebatannya, kejujurannya, makanya usaha berdagangnya lancar karena dipercaya konsumen

    BalasHapus
  2. makasih sharingnya ya, contoh teladan yg baik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak tira, mudah mudahan bermanfaat yaa sharing sederhana ini hehehe :)

      Hapus