Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 20 Oktober 2021

PENGALAMAN PERTAMA PERGI KE DOKTER GIGI DAN TIPSNYA AGAR ANAK TIDAK TAKUT KE DOKTER GIGI

 

Ya Allah, baru juga di awal Januari ada keinginan buat menuhi isi blog, tapi bolongnya jauuuuuuh banget. HAHAHA.
Aku disibukan sama revisi skripsi, dan ngurus online shop yang dikit-dikit alhamdulillah udah mulai berkembang. Dulu, kerja sendirian sekarang udah ada yang bantu-bantu handle hehehhee.
Tapi, pekerjaan utamaku adalah tetap mengurus anak dan mengurus suami. Prioritas terpenting sih.


Apalagi, kalau dipusingkan sama anak yang BB nya naiknya dikit-dikit, drama GTM! Hiks.
Sebenernya, ada sangkut pautnya juga sih ini sama rasa takutku *halah* ya emang banyak khawatirnya :(
Berkaca kepada diri sendiri.
Berkaca kepada saudara sendiri.
Kalau gigi nggak dirawat tuh repot banget, melebar ke mana-mana. Ujung-ujungnya lumayan nguras isi kantong. Ya lebih baik dibiasakan sejak disni, biar apa yang aku alami dulu semasa kecil, nggak terulang di anakku. HAHAHAHAHA dulu tuh ya, aku langganan sakit gigi teruuuuus. Sakit sampe yang nangiss bengkak. Tidur gak enak, pada akhirnya males makan karena sakit. Aku tuh takut banget anakku kurang gizi, misal amit-amit karena giginya bolong-bolong terus dia sakit gigi. Udah mah emang sehari-harinya agak susah makan, ditambah sakit gigi. Ya makin-makin gak mau makan kan? mikirnya udah sampe situ. Jadi yaudah yuk pencegahan, seenggaknya, aku udah berusaha sebagai orang tua yang masih banyak erornya.

Hari sebelum aku ke rumah sakit, seperti pada umumnya daftar dulu via online. Aku periksa gigi di RS Haji Syaiful Anwar Pagaden. 


setelah dapat jadwal. Hari berikutnya aku langsung otw ke sana, nunggu kurang lebih setengah jam. Dokternya cepet menurutku. Alhamdulillah dapet dokter perempuan. Bukan enggak seneng dapat dokter laki-laki ya. Tapi, karena udah dari sejak usia 2,5 tahunan. Aku sering bacain buku tentang berani pergi ke dokter gigi. Buku anak, nah dalem cerita nya itu tokoh dokternya perempuan. Jadi pas banget kan hehehehehe biar gak nanya, bu ko dokter nya laki-laki? 

Poto bareng dulu sebelum masuk ke ruangan, Bisa happy dan kalem gitu ya ni anak.


di dalem ruangan itu, anaknya bener - bener kalem banget. Dia lihat sekitar, enggak nangis, enggak minta pulang. Aku udah wanti-wanti. Persiapan di sounding semingguan bahwa kita akan pergi ke dokter gigi. Sudah waktunya periksa gigi. Mungkin nanti giginya akan ditambal, dibersihkan kuman-kuman yang ada di gigi.
Persis kaya buku yang aku punya, gambaran gimana kondisi ruangannya dan apa yang akan dialami oleh anaknya.  Ternyata enggak semenyeramkan itu.
Anak jadi punya bayangan tentang ruangannya...gimana kondisi dan suasana pun juga respon dokternya.
anak tipe slow to warm up itu emang harus banget pake ancang-ancang dulu. Nggak bisa langsung hari itu *prak. Tanpa dikasih tahu nanti kita akan gimana-gimananya.
Apasih istilahnya wkwkwkwkwk.  Pun waktu pertama kali sekolah, minimal setengah jam harus udah hadir di ruangan kelas untuk penyesuaian dulu. Ngeliat kondisi sekitar, baru kedepannya bisa enjoy, ngerasa aman (pengalaman sendiri)

Oke, jadi tindakannya itu Ara dibersihkan gigi kotornya, lalu yang kariesnya ituu yang hampirrrrrr dikit lagi mau patah gigi putihnya, dibagian gigi yang menguning itu lalu ditambal dengan tambalan yang emang kata dokter aman buat anak. Meski tingkat warna beda sama warna gigi, iya sih, kalau dilihat dari kejauhan enggak keliatan. Tapi klw deket banget mah ya keliatan terlihat beda dikit. Tapi gapapa, aku mah ngikut dokter aja gimana baik nya wkwkwk. Asalkan giginya masih bisa diselamatkan. Engga keburu patah.

 Beberapa sumber masalah gigi menguning ini adalah :
° nggak bersih saat sikat gigi
° kalau sakit sering dikasih antibiotik
° sering makan yang manis-manis dan sering gak dibersihin yang benar-benar bersih.

Kalau antibiotik kayanya enggak masuk kategori aku sih, tapi kalau nggak bersih saat sikat gigi dan sering makan makanan yang manis alias dia sering makan permen. Itu iya banget banget! Aku akui kesalahanku ko. Hehehe nyesel? Iya, tanpa dibilang pun emang udah merasa bersalah. Aku yang enggak konsisten, karena satu sisi sama orang tua sering dikasih permen kalau jajan, awal-awal masih aku larang, Lama-lama cape juga mak wkwkwk, yauda deh. Pasrah hiks. Tanggung sendiri akibatnya.

Tips untuk buibuk yang mun pertama kali mau ajak anak pergi ke dokter gigi, gimana biar kalem dan enggak takut:
1. Sounding huhuhu penting bangeeeeet. Pokoknya jauh-jauh hari dikasih tahu kita mau periksa. Jelasin nanti giginya dilihat-lihat dan dibenerin sama dokter pake alat-alat canggih.
2. Bacain buku tentang pergigian.
3. Bawa mainan (kalau-kalau bosen nunggu)

Apalagi ya? Boleh kalau ada yang nambahin, sempat nyiapin kalau anaknya ngamuk enggak mau diperiksa saat udah di dalem, aku niatnya mau sogok youtobe kids aja HAHAHA. Tapi pada akhirnya aku lupa aku gak punya kuota, karena selama ini sering dirumah terus pake wifi. Sampe lupa ngisi kuota. Ehh gak bisa diputer dong wkwkwkwk. Yauda pasrah sambil dikasih pujian. "Ihhh hebat bangett berani dan mau sabar nunggu giginya dibenerin yaaa..."
terbantu sama dokternya yang Masya Allah baiiiiik bangettttt ....

Terakhir, biaya yang aku keluarkan untuk sekali tindakan. Pas cek di kasir biayanya Rp. 250.000, itu dua gigi yang ditambal ya buibu

Menurut aku, kenyamanan rumah sakit, dokter, dan persiapan anaknya itu penting sekali. Alhamdulillah nemu paket komplit hehehe.





 

Next, masih ada 3 gigi yang belum ditambal buibuk. Masih panjaaang sekali PR nyaaaaaa hehehe

 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar