Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 14 Januari 2018

BELAJAR MEMAAFKAN


Pernahkah kamu merasakan benar-benar sendirian? 
Pernahkah kamu merasa sedih tiba-tiba atas sesuatu yang kamu tidak pahami?
Atau pernahkah kamu terluka atas hakmu yang tidak kunjung kau dapatkan?

Ah, semua orang kurasa pernah merasakan kondisi tersebut.. Tergantung bagaimana si orang tersebut memposisikan keadaan tersebut. Ada yang meluapkannya dengan mengurung diri sendiri seharian di kamar, menangis sejadi-jadinya, ada yang hang out bersama teman-temannya sampai kesedihan itu menguap. Atau ada yang memilih merenung dikamar sambil berpikir. Kesedihanku ini karena apa? Apakah sebagai ujian atau sebagai teguran dari-Nya atas kelalaianku selama ini. 

Teman, Kehidupan ini bagai roda terus berputar silih berganti. Suatu hari kamu pernah mendapati kesedihan yang menggelayuti hari-harimu.. Kemudian suatu hari lagi kamu juga pernah merasakan kebahagiaan. Yap, semuanya bergulir. Tidak ada yang abadi. 

Mungkin saat ini hatimu sedang merasa sedih.. Seolah kamu satu-satunya yang paling merana dalam hidup. Hakmu dirampas dan tidak ada yang menemanimu dalam menjalaninya. Entah, urusan kesedihan itu karena apa, urusan dunia macam apa yang membuatmu meratapi sampai tak kunjung tersenyum? Atau kebencian macam apa yang kau genggam sehingga dadamu terus diliputi kesesakan.
Ada banyaaaak sekali kesedihan yang pernah kita alami, dan bukankah itu selalu berlalu? Lihat, betapa kamu bisa menjalani hari dukamu. 

Salah satu hal terbaik untuk mengusir kesedihan adalah dengan memaafkan diri sendiri.
Aku selalu mencoba untuk melakukan itu, karena nyatanya aku tidak pernah bisa bahagia selama aku tidak berdamai dengan hatiku sendiri dalam menerima kesedihan. Sungguh ajaib, memaafkan diri sendiri nyatanya membuatku merasa lebih tenang dan damai. 

Jika kamu pun pernah mengalami kebencian, mengalami kesedihan atau kekhawatiran .. Maafkanlah dirimu sendiri, maafkan semua yang pernah membuat dirimu merasa sedih, lalu belajarlah untuk menerima dan yakin bahwa Allah tidak akan pernah membiarkanmu merasa sendirian lagi. hakmu akan selalu Allah tuntaskan, akan selalu ada yang lebih baik dari apa pernah hilang. Kuncinya hanya yakin. 

Perihal berusaha, aku tahu kamu sudah sekuat tenaga untuk menghapus beban kesedihanmu itu. Aku tahu kamu sudah berjuang untuk kebahagiaanmu sendiri. Hanya saja sekarang, kamu tinggal memaafkan semua yang tidak kamu dapatkan. Semua yang pernah kamu sesalkan dan semua yang pernah kamu benci entah itu seseorang atau suatu kejadian.
Teman.. Semuanya terus berputar termasuk keadaan kita. Jangan pernah berhenti berusaha.. Jangan lupa maafkan diri sendiri dan belajar yakin sama Allah SWT.


(Catatan untuk siapapun yang sedang dilanda sedih)
Bandung
tyataya

4 komentar :

  1. aaah kak tay, aku tersentuh banget dengan tulisan ini :'))
    belakangan ini aku ngerasa hlang arah banget, sering bete tanpa sebab dan frekuensi mengeluhku meningkat drastis. dan setelah baca ini aku sadar, memang ada beberapa kesalahan aku di masa lalu yang belum bisa aku terima sampai sekarang. aku akan mencoba untuk maafin diri sendiri, meski kayaknya berat ya kak, hahaha
    btw jadi pengen baca tulisan kak tay yang lain nihhh hihiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga tulisannya bermanfaat yaaaa. hehehee
      baru tahu kartini juga punya blog, pankapan mampir juga ke blognya yaaaak :D
      siaaap, insya Allah ditungu next tulisannya yaaa

      Hapus
  2. Kalau lagi ngerasa sedih, atau kehidupan nggak adil...selalu ingat kata2 umik; di luaran sana masih banayk orang yang punya masalah atau kekurangan lebih dari kamu. Jadi, sedih sih boleh tapi gak boleh berlarut.

    Harus jadi orang yang semampunya bahagia heheh. Biar gak keriput soalnya merengut hihihi xD

    BalasHapus
  3. Pas banget aku baca tulisan ini saat keadaanku sekarang yang lagi sedih banget gara-gara IP-ku terjun bebas 😢
    Dan terima kasih mbak sudah menulis tentang ini. Akan aku usahakan memaafkan diri sendiri 🙂

    BalasHapus