Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 03 Juli 2016

Traveling dadakan ke Wisata Kebun Mawar Situhapa Garut

Salah satu destinasi wisata yang aku incer sejak semester 3 (Tiga) adalah ingin berkunjung ke Kebun Mawar yang berada di Kota Garut. Katanya, menurut beberapa temanku yang pernah berkunjung ke sana. Bunganya bagus-bagus apalagi ketika musim mawar tiba. Aku pribadi memang suka bunga mawar,  rasanya  mawar itu identik dengan puisi dan kesepian. *hadeuh*

Beberapa kali berkunjung ke kota Garut ternyata aku belum diberi kesempatan untuk berkunjung ke kebun mawar ini. huhuhu. Di tambah memang kekuranganku yang tidak bisa menghafal jalan membuatku sulit menemukan lokasi satu ini. Terkadang aku bisa menemukan satu lokasi yang ingin kukunjungi, tapi pulangnya aku kesasar. Bahkan di pasar baru kota Bandung yang sering kukunjungi pun, aku sering kesasar. Astagfirulloh -_- Maafkanlah diriku ini.

Hingga pada suatu hari Aa bilang mau membuat SIM. Tentu saja, aku harus ikut karena aku disuruh menemaninya. KTP Aa berdomisili di Garut dan otomatis membuat SIM nya juga harus di Polres Garut. Dua hari aku bolak-balik Garut demi SIM Aa agar segera tercetak.

Hari pertama aku berangkat dari Bandung sekitar jam 05.30. WIB. Setelah segala urusan dengan kantor polisi beres, aku pulang dulu ke rumah bertemu Kakek dan si Neng. Setelah istirahat sejenak aku kembali pulang ke Bandung melewati jalur yang berbeda. Biasanya setahuku—yang pernah beberapa kali ke Garut. Kalau pulang dan pergi biasanya melewati Rancaekek - Nagreg-  Taroggong. Pokoknya jalannya itu-itu saja.

Nah, kali ini Aa—entah terkena virus apa—tiba-tiba mengajakku pulang ke Bandung dengan melewati jalur yang berbeda. katanya, lewat Jalan Kamojang.
Aku mengerutkan alis, hey! tumben? Wkwkwk. Aku yang memang pada dasarnya ‘suka’ jalan-jalan, manggut-manggut saja ketika diajak berpetualang. Hihihi
Dengan bermodalkan google map. Akhirnya kami berangkat mengikuti jalur merah yang berada di google map tersebut. Wkwkwk. Sempat kesasar karena aku salah ngasih komando. Aku melihat dari titik kami berada sampai ke kota Bandung jika menggunakan motor, jarak yang harus kami tempuh sekitar 3 jam. Di tambah dengan kesasarnya juga sih. Padahal kalau lewat jalur biasa, perjalanan Garut Bandung hanya butuh satu jam setengah.

Well, tapi aku enggak menyesal sama sekali dengan perjalanan yang cukup menguras energi itu, akhirnya bisa dibayar tuntas dengan pemandangan alam yang LUAR BIASA INDAH. Seolah sedang mengelilingi bukit dan pegunungan, aku berada di tepi jurang, angin hari itu begitu menyegarkan, aku dibuat ciut dengan suhu yang di tempatku tidak seperti itu. Semakin motor melaju semakin aku berada di atas awan, aku melihat ke bawah pemukiman warga yang membentang. Lalu semakin kami ke dalam, semakin pemukimannya sedikit bahkan hampir tidak ada, digantikan dengan hutan pinus, hutan yang pohonnya besar-besar. (Aku enggak tahu jenisnya apa) Lalu apa? lalu aku merasa semakin kecil. Betapa Maha Sempurnanya Allah menciptakan alam raya ini. Pohon dari berbagai jenis, Matahari yang hampir-hampir tidak muncul saat itu.
Semua pemandangan dari kanan dan kiri, ini semua
Di perjalanan menemukan lokasi ini, indah. katanya ini High Land Kamojang

Aku juga menemukan. Sebenarnya bukan menemukan sih ini lebih tepatnya melewati. Iya melewati sebuah tempat yang membuat aku menganga. *lebay* Oke baiklah, pertama-tama aku akan mengakui bahwa aku menjadi semakin bodoh dan kurang update terhadap Indonesia Maafkan sekali lagi.

Aku melewati sebuah kawasan Pertamina yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Produksi pembangkit listrik ini untuk memperkuat suplai listrik yang berada di Jawa Barat. Yang membuat aku menganga adalah kawasan tersebut belum pernah aku lihat sebelumnya. Ada selang yang memanjang.. begituuuuuuuuu panjang. Entah itu terbuat dari besi, seng atau apa. meliuk-liuk seperti ular. Kadang berbelok, kadang lurus. Warnanya keputih-putihan.  Mungkin itu tempat aliran di mana panas bumi dibuat kali ya. Seandainya aku punya banyak waktu dan diberi kesempatan bertanya, ingin rasanya bertanya. Pertanyaan umum memang, tapi setidaknya, membuat rasa penasaranku berkurang. Tapi kalau kalian penasaran, kalian boleh berkunjung ke situs yang mengulas tentang PLTP ini. silakan. (http://www.kompasiana.com/issonkhairul/geothermal-sumber-energi-ramah-lingkungan-untuk-memikat-para-investor_55999961949373a80ca54327
kalian juga boleh lihat gambaran kawasannya karena memang aku tidak sempat untuk memotretnya. Fokus sama selangnya. Penasaran sampai di batas mana ia berhenti.

Nah, setelah hampir menghabiskan waktu 2 (dua) jam di perjalanan, akhirnya aku sampai di kota Majalaya. Jadi, rutenya, Garut - Majalaya - Bandung.
Hari kedua, karena harus ada pemotretan untuk melengkapi identitas SIM. Aku diajak Aa ke tempat yang kemarin, tapi, kali ini berkunjung ke Kebun Mawar. Karena sebagai rasa terimakasih telah menemaninya mengurus-ngurus persoalan SIM. Aku tahu, Aa akan mengabulkan keinginanku yang sejak  dulu ingin pergi ke kebun mawar.

Aku mengedipkan mata pertanda setuju! best trip always starts with simplicity
Akhirnya jadilah aku berkunjung ke kebun mawar, melihat bermacam-macam jenis mawar dan bunga lainnya. Kebun Mawar ini terletak di Jl. Raya Kamojang km 5 kecamatan Samarang, Kab Garut. Untuk menemukan lokasi Kebun Mawar ini memang tidak terlalu sulit karena lokasinya melewati ruas jalan yang tidak terlalu sempit dan melewati pemukiman warga. Jadi, kalaupun kesasar atau salah mengambil arah, kalian bisa bertanya kepada warga sekitar. Insya Allah warga sekitarnya pun ramah-ramah :)

Sampai di lokasi, untuk bisa memasuki kawasan kebun mawar ini, kalian cukup membeli tiket seharga Rp. 15.000/orang tapi, untuk waktu-waktu tertentu seperti Weekend. Tiketnya menjadi  seharga Rp. 20.000/orang. Bagaimana? Tidak terlalu menguras dompet kan? Menurutku sangat terjangkau apalagi setelah kita melihat fasilitas serta keindahan lokasinya. Hehehe
Ini adalah beberapa keindahan taman wisata kebun mawar.

Tempat istirahat yang super nyaman :)

Selama berada dilokasi taman anda akan disajikan dengan pemandangan fantasi serta menyejukkan karena memang udaranya sangat mendukung. Ditambah dengan hamparan dari berbagai jenis bunga yang disekat-sekat, dibuat seperti zona-zona dari berbagai jenis bunga. Aku tertarik dengan zona mawar yang memancarkan semerbak khas bunga mawar, ditambah dengan warna-warnanya yang eksotis. Membuat selfi beberapa kali. hehe

Salah satu mawar Favorite

Ini, salah satu tempat yang wajib dipotret atau kalian harus berselfi di sini. Karena ini salah satu icon yang cukup menarik perhatian di instagram.
Katanya, kalau berkunjung ke kebun mawar, kalau enggak poto di sini belum lengkap :)

Tidak kalah dengan wisata-wisata yang lain, Kebun Mawar ini juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang menarik. Membuat siapapun betah berlama-lama di Kebun Mawar.
Bagi anda yang ingin berlama-lama atau melewatkan malam dan melihat pemandangan dari ketinggian 1150 MDPL dengan luas tanah 5 HA dan dengan titik lokasi yang berada di antara gunung-gunung yang berada di Garut. Obyek wisata satu ini menawarkan penginapan yang menarik diantaranya ada penginapan Magnolia, Damascena, Geranium. Tentu saja dari berbagai jenis pilihan kamar. Setiap kamar memiliki keunggulannya masing-masing :)

Mungkin, kalau aku  bisa menginap di sini. Aku bisa menghasilkan lusinan puisi karena tempatnya yang tenang dan nyaman. hehe
Karena bagiku, puisi terlahir dari ketenangan dan kesunyian, Bukan dari bongkahan emosi semata.
Baiklah kembali ke tema ya.

Selain ada penginapan, kita juga akan mendapati Restaurant yang menyediakan berbagai jenis makanan dari mulai Tradisional, Nasional dan Western. Lidah pengunjung tentu akan dimanjakan.
Well. Mungkin itu yang bisa aku kupas dari traveling tanpa rencana. Menyenangkan, dan selalu
 menyenangkan! Aku tidak akan melewatkan satu informasi penting yang bisa kudapat dari perjalananku kali ini.

Bagi teman-teman yang sedang bingung memilih wisata yang akan dikunjungi setelah lebaran nanti. Yuk! Coba ke Kebun Mawar Situhapa ini. Insya Allah, Liburan anda dan keluarga akan menyenangkan dengan pemandangan dan fasilitas di kebun mawar ini.

Maaf bila ada kata-kata atau informasi yang kurang tepat ya, Mohon diluruskan saja. Terimakasih. Sampai berjumpa ditulisanku dalam traveling selanjutnya.

Notes :Untuk yang ingin merekomendasikan kepadaku tempat-tempat unik lainnya. Boleh dikolom komentar, ya :)