Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 03 April 2022

PENGALAMAN AKUN SHOPEE DIBATASI DAN CARA MENGATASINYA

 


Waktu dapat notif dari Shopee bahwa akunmu dibatasi


 

Aku kaget dan bingung. "Hah ini kenapa?" Aku melakukan kesalahan apa sampai-sampai akun Shopee ku dibatasi. Duh galau dong! 

di akun itu aku udah jadi pelaku seller dan buyer, yang mana ketika jadi buyer aku selalu belanja kebutuhan baik itu kebutuhan pribadi maupun kebutuhan buat dagang. Misalnya beli kemasan kemasan produk aku suka  belanja di toko oren hehehe. ya tahu sendiri daerahku tinggal jauuuh sekali dengan kota. Jadi segala akses terbatas sampe internet pun terbatas! Hikssss. 

Terus, sebagai seller tokoku udah star seller dan udah jadi member platinum. Kan sayang banget kalau sampai tokonya di hapus kan. Otomatis aku harus mengulang dari awal. Butuh 2 tahun yang tertatih-tatih buat ada dititik ini sekarang. Terus baru kemaren ikutan afiliasi di Shopee. Karena semua alasan itulah aku enggak rela hehehehehe. 

 

Zaman sekarang jualan di marketplace adalah suatu hal yang perlu, kalau kamu lagi merintis olshop sendiri. Ditambah produk sendiri yang orang lain belum kenal.  Jadi sebagai trust dan pilihan agar customer mau order produk kita. Hal itu sesuai pengalamanku waktu pertama bikin akun olshop di platform instagram. 

"Kak ada Shopee? Buat dapat gratis ongkir" Dari situ aku mulai ngambil peluang. 

So karena ketar ketir kemaren itu, Aku coba nanya-nanya ke temen-temen sesama seller. Infonya aku melakukan FO. (Fake order) terus aku mulai mengingat-ngingat transaksi sebelumnya dan ketemulah aku di satu kejadian. Ya itu salahku juga sih, karena aku mengubah harga normal ke harga yang terjun abis.  Itu pesanan reseller ku yang dia custom produk, Fyi kalau ada custom produk skema pembayarannya biasanya aku pake DP dulu dan sisa pelunasan nya boleh dibayar saat barang sudah ready. Nah kebetulan pelunasan nya via Shopee yang mana produknya aku timpa. Jadi gak create produk baru gitu. Sad dan bodoh sekali ya aku!  Huhuhuhu..

Akhirnya aku coba ajukan banding ke shopee via chat di aplikasinya. Setelah dijelaskan kendala kemudian kita disuruh buat ngisi data-data. Udah selesai ngisi data, kemudian cs nya akan mengirimkan kendala yang kita alami ke tim terkait. Disuruh menunggu maksimal 3 hari kerja, akan di proses via email. 

Haduh, 3 hari lama banget rasanya, aku enggak sabar ;(

Untunglah enggak sampe 3 hari, besoknya dapat email balasan dari Shopee. Perihal kenapa akun aku dibatasi. 

Akhirnya, aku mengajukan banding dengan menjelaskan permasalahan yang aku alami dengan menyertakan bukti juga. Supaya lebih yakin bahwa aku gak ada niatan buat melakukan fake order/menurunkan harga, membuat rating palsu atau apapun itu.Harap - harap cemas lagi, karena harus nunggu sehari :( padahal cuma sehari tapi tetap khawatir bagaimana kalau aku harus mengulang lagi dari awal? 

Pokoknya 3 hari itu aku enggak enak makan lho hahaha. 

Bodo amat dibilang lebay tapi emang susah banget merintis brand sendiri tuh :')  berharap dan lagi berusaha suatu saat bisa export.

Bukan siapa-siapa, tapi mimpinya udah ketinggian ya? 

Jalaninnya aja merangkak merangkak sambil ngurus rumah dan ngurus anak gapapa aku tetap mau berusaha terus! Wkwkwk.  Istirahat boleh, nyerah tidak boleh. Itu moto hidupku sekarang.. Dulu, semasa single mah bisa aja gak ada istirahatnya. Tapi sekarang kewarasan ku harus dijaga agar bisa balance antara ngurus anak toodler yang lagi aktif-aktifnya. 

Dah gitu aja curhatannya. Alhamdulillah akhirnya besoknya dapat notifikasi email bahwa akunku udah dibuka kembali

Rasanya plong bangetttttttttt. 

Habis ini mulai semangat lagi jualannya dan ngulik Shopee. 

Siapa yang punya pengalaman yang sama? 

Siapa yang lagi merintis usaha juga? 

semangat yaaa emak-emak strong! Kamu hebat! 

Tipsnya biar cepet diproses, aku ke cs Shopee lebih dari 2x nanyain gimana masalahku. Sama lampirkan bukti kalau ada, kasih alasan yang kuat kenapa team Shopee perlu mengaktifkan akun Shopee kita lagi.



 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar