Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 17 Juli 2018

#Review Buku Pintar Asi Eksklusif (Untuk Para Pejuang ASI)



PICTURED BY ME
Judul Buku : Buku Pintar ASI Eksklusif
Penulis : Hapsari Adi Ningrum
Penerbit : Salsabila
Jumlah halaman : 211 halaman
ISBN 978-602-169-06-7
Setelah memasuki Trimester kedua kehamilan, aku mulai rajin membaca buku seputar per-ASIan. Aku mulai mengumpulkan beberapa informasi baik itu dari instagram, google, maupun dari buku yang kubeli. Maklum, mempersiapkan jadi Ibu itu nggak mudah, banyak sekali tantangannya. Apalagi di zaman yang sudah modern ini, informasinya jadi lebih gampang kita temukan. Nah, jauh-jauh hari, aku sudah menyelesaikan satu buku yang berjudul BUKU PINTAR ASI EKSKLUSIF yang bisa di order di instagram @bukunakita (sekalian promosi, karena aku jualan buku ehehe) 

Buku yang menurutku cocok buat dijadikan hadiah kepada calon Ibu baru yang—Insya Allah, bermanfaat karena di dalam buku tersebut banyak sekali informasi yang menarik seputar panduan lengkap menyusui, tips Bayi Ibu bekerja, IMD, Rahasia sukses menyusui dan masih banyak lagi. 


Ternyata, saat ibu berencana memberikan ASI eksklusif kepada calon buah hati, semua itu dimulai saat masa kehamilan. Perawatan payudara selama hamil berperan besar dalam mewujudkan tercapainya program ASI eksklusif salah satunya dengan breast massage karena kegiatan tersebut berguna untuk relaksasi dan membantu refleks pengeluaran ASI. Tidak kalah penting calon ibu juga harus memperhatikan dalam perawatan puting. Yap, Alhamdulillah beberapa jam setelah melahirkan, ASIku langsung keluar, tapi tiga hari setelahnya, aku mengalami puting pecah-pecah sampai berdarah. Sakitnya luar biasa. Selama awal kehamilan sampai akhir, aku memang rajin membersihkan PD dengan olive oil, tapi tidak fokus dibagian puting. Jadi, yah.. salahku juga sih. Tapi untunglah hanya berlangsung dua hari. Solusinya terus susui ke baby. Insya Allah cepet sembuh. Dari buku ini, ada panduan breast massage-nya juga. Jadi, kita nggak bisa dengan mudah mempraktekannya!


Setelah perawatan selesai, aku diajak mendalami seputar manfaat ASI. Ternyata Masya Allah luaaaaaar biasa pisan. Betapa maha sempurnanya ALLAH SWT telah menciptakan seorang wanita yang difitrahkan utntuk hamil, melahirkan, dan menyusui serta mengurus anak-anaknya. Semuanya membuat aku merasa semakin bersyukur menjadi seorang wanita. 

ASI yang keluar saat pertama kali adalah kolostrum. Kolostrum merupakan cairan berwarna kuning kental dan mengandung zat kekebalan tubuh (antibodi) jumlah kolostrum memang sedikit, namun sesuai dengan kebutuhan bayi yang baru lahir. Kolostrum memang memberikan manfaat yang tidak seketika terlihat, namun penting untuk kelanjutan hidup bayi. ASI memiliki banyak manfaat untuk bayi, oleh karenanya disarankan untuk menyusui bayi secara eksklusif selama enam bulan, tanpa tambahan lain seperti pisang, air putih, air teh. Manfaat ASI eksklusif sudah tidak diragukan lagi karena kandungan di dalam ASI yang luar biasa dan tidak terdapat pada jenis susu mana pun. (hal;11) tetapi pada kenyataanya memberikan ASI eksklusif tidak semudah teori, banyak hambatannya. Dari mulai diri sendiri yang kadang tidak percaya diri, dan faktor lingkungan, belum lagi ibu bekerja. Buku ini juga memberikan arahan atau saran yang ekonomis (menurutku) agar kita dapat mengurangi hambatan untuk memberikan ASI eksklusif pada si kecil. Dari mulai puting terbenam, payudara bengkak, puting lecet dan nyeri, saluran ASI tersumbat, produksi ASI yang kurang. Ini semua bisa kita siasati ternyata, asal harus rajin dan yakin. Yakin sama diri sendiri bahwa Allah maha sempurna, telah menciptakan wanita untuk bisa menyusui.


Nah, setelah kita tahu betul manfaat ASI ini, kita juga diberi pengetahuan tentang cara-cara menyusui yang benar, dibekali berbagai posisi menyusui pula (hal 32). Kalau aku pribadi nyaman dengan posisi memeluk dan berbaring. Kalau berbaring enaknya kita bisa langsung tidur tapi kudu mesti hati-hati takut idung bayi ketutupan. Oia, untuk perawatan bayi prematur juga dikupas di buku ini. Jadi, kurang lengkap bagaimana informasinya? Hehehe.


Percaya nggak percaya, orang tua zaman dulu dikampungku, katanya kalau menyusui harus dipayudara keduanya. Bergantian, karena sebelah kanan itu nasinya yang mengenyangkan, sedangkan sebelah kiri itu minumnya. Mungkin, ini ya penjelasan lebih detailnya tentang foremilk dan hindmilk. Tuh, Masya Allah pisan kaaaan. Ternyata, ASI itu disesuaikan dengan kebutuhan baby lho. 


Tidak kalah penting, buku ini juga menjelaskan berbagai nutrisi yang dibutuhkan selama Ibu menyusui, membahas seputar bayi yang katanya bisa alergi karena ASI (apakah itu fakta atau mitos) terus juga, yang sekarang aku baca ulang adalah soal manajemen laktasi. Untuk para ibu yang bekerja atau rencana ingin bekerja manajemen laktasi penting lho, bekerja dan tetap memberikan ASI.. bagaimana? Apakah bisa? semuanya dikupas dibuku ini. terus nih, yang nggak kalah bikin semangat kita buibuk buku ini dilengkapi juga dengan kisah-kisah inspiratif pejuang ASI.  Dijamin bikin kita semangat lagi dan optimis bisa memberikan ASI (makanan terbaik) bagi si kecil. 


notes : buku ini bisa dibeli di instagram @BUKUNAKITA atau boleh langsung via diriku kalau nggak mau ribet. cocok buat yang mau kasih kado ke calon bumil.

2 komentar :

  1. Tfs mba, ASI saya keluar setelah 3 hari, Alhamdulillah masih ASI sampe sekarang, oia problem paling pas kena cacar n Mastitis tp semoga kita sehat selalu, aamiinđź’–

    BalasHapus
  2. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus