Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 30 Maret 2021

MAIN BERSAMA TEMAN MAIN

 

Pandemi masih belum usai, meski sudah di era new normal. Tapi kadang suka merasa was-was kalau pergi-pergi. Sebisa mungkin aku tetap di rumah aja sama anak--meski sesekali kadang keluar untuk urusan pekerjaan, dan anak maunya nempel terus ikut kemanapun ibunya pergi :") 

Kadang juga, di tengah aku yang bekerja di rumah alias jualan buka online shop dan juga punya konter di rumah. Seringnya keteteran atur waktu. Sedangkan disisi lain, aku sadar bahwa anak perlu distimulus untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Jujur takut banget kelewat kalau soal ini. Yah pokoknya urusan anak nggak bisa main-main. Belum lagiiii kalau semisal anak tetangga main mereka bawa hp lalu berakhir nonton youtube berjam-jam tanpa aturan. Duh khawatir juga kan. 

Ditengah kesibukan jualan, dan rasa khawatirku. Aku nemu status WhatsApp nya mbak Dhani. Hehehehe. Mbak Dhani share tentang kelas main online via Zoom untuk anak-anak usia dini.  Aku cek instagramnya dan kayanya seruu!

ini nama instagramnya cek ya @teman_mainanak

 

Ini Pamflet mereka di bulan Maret. Yaitu tentang tema Transportasi


 Terus, yang bikin nggak repot adalah materialnya udah disiapin tinggal dikirim ke rumah masing-masing. Meski kadang aku juga suka nyiapin permainan untuk Ara. Tapi ada satu waktu tertentu aku nggak sempet atau lagi cape dan males. Sebuah kombinasi yang "sudahlah" main bebas saja seharian wkwkwkwk.

Aku join di edisi bulan Maret dengan tema KENDARAAN dengan di dalamnya ada beberapa kegiatan (Story telling, Art and Craft, Sensory Play, Practical  Life) Mainnya dibagi 2 (dua) sesi dengan berbeda tanggal. Aku join semua sesi karena kutanya anaknya, dia mau dua kali ternyata hehehe. Mungkin karena tertarik pernah aku tunjukan video unboxing isi activity nya kali yah. Soalnya setelah selesai acara mainnya. box kardusnya itu tidak boleh dibuang sama dia, dia mainkan terus dengan ngikuti kata-kata dari video itu. gemessss tapi kata dia tidak boleh di rekam yah ibu. Huhuhu.

 

Dikemas dalam box kardus

Ini isi paketnya.

Pas praktiknya seruuuu, mungkin karena Ara pertama kali banget main - main gini via zoom hehehe. Semangat banget di suruh "olahraga" dulu, kemudian harus mengelompokan kendaraan. Yang mana kendaraan di darat, udara, dan laut! Sensory play pake water beads sebagai lautnya juga bikin dia nagih terus. Itu pas main di sesi pertama.

Ara bilang geli! Tapi dia acak-acak juga tetep karena enakeun sih. Tapi yang dipake-pake berhari-hari kalau malem mau tidur dia bikin pesawat dari stik, material dari teman mainnya tetap kepake, kadang dia juga berkreasi bikin rumah - rumahan dari stiknya itu. lalu, di sesi ke dua karena baru bangun tidur jadi agak kurang semangat di awal. Tapi tetap memperhatikan dan pas di sodorin aktivitasnya sudah antengggg mengenal bentuk-bentuk. Dan terakhir, aktivitas nyuci mobil.

Menurutku, ada kelas-kelas main kaya gini membantu banget buat aku yang kadang suka riweuh sama dagangan tapi tetep maunya anak terstimulus. hehehehe. Kesan pertama join kelasnya seru! gurunya juga ramah-ramah, interaktif dan semangat membimbing walau hanya via zoom.

 



Buat buibuk yang bingung mau bikin ide main apa, sebenarnya banyak sih berseliweran postingan-postingannya di instagram. Tinggal search pake hastag #idemainanak #idemainanak2tahun banyak banget, bahkan di akun-akun publik juga seringnya direpost ide main dari ibu-ibu kreatif lainnya. Sesekali akupun suka bikin ide main dari bahan-bahan seadanya dan sederhana di rumah. Tapi kadang yah kita kalau merasa tidak sempat, atau pengen yang berbeda dengan biasanya. Coba join main di @teman_mainanak saja yuk! Materialnya udah disiapkan, dipandu sama ibu guru dan bisa kenalan sama teman-teman main yang lainnya. heheheh.

 

 

Terimakasih telah berkunjung dan menyempatkan baca tulisanku, silakan beri komentar dibawah ini agar kita saling kenal :) 


Salam hangat,

@tyataya

 


 

1 komentar :

  1. Karna saya sendiri belum berkeluarga, jadi cuma bisa ngebayangin betapa canggihnya anak sekarang yg bermain bersama nya bisa dilakukan dari rumah. Dengan hanya menggunakan internet. Dan tentunya mainan itu juga sih.

    Kayaknya pas kecil, saya sama sekali ga bisa diem di rumah. Mau nya jalan, main bola, naik sepeda, bahkan pernah dikejar anjing.

    Ga kebayang, apakah ibu saya kuat nemenin saya main dengan mainan ini seharian di rumah, ketemu sama temen-temen dari internet.

    BalasHapus